ONTEL SAHABAT GEDUNG TUA


ONTEL SAHABAT GEDUNG TUA
Inilah Gedung Juang 45

Inilah Gedung Juang 45

 

Oleh : Acep Suganda

Gedung Joeang 45 Bekasi atau yg dulu oleh masyarakat Bekasi sering disebut Gedung Tinggi adalah Gedung tua yg sangat indah yg mempunyai nilai sejarah dan arsiktektur yg sangat tinggi.   Gedung  Tua yg  dibangun dalam kurun waktu tahun 1906 – 1925 sampai sekarang berdiri dengan kokohnya ditempat yg sangat strategis di jalan Sultan Hasanudin Tambun. 

 Tapi sangat disayangkan banyak orang yang  tidak tahu  akan  keberadaan gedung tua tersebut, karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap gedung-gedung bersejarah yang ada disekitarnya,    Oleh sebab itu saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada teman- teman  Pencinta Sepeda Tua Khususnya teman-teman CONTRY ( Community Onthel Tridaya )  salah satu komunitas pencinta sepeda tua yang ada di Tambun-Bekasi.

Gedung Juang 45 With Community Contry

Gedung Juang 45 With Community Contry

 Mereka sangat antusias dan ingin sekali mengangkat dan memperkenalkan GEDUNG JUANG 45 Bekasi kepada masyarakat diluar Bekasi.   

 

Oleh karena itu pada tanggal   22  Februari  2009,  Saya dan teman teman CONTRY mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah  penyelenggara Musda Pembentukan PENGDA KOSTI Jabodetabek+Karawang yg kami sepakati di selenggarakan di Gedung Juang 45  Bekasi.

Tadinya saya kurang yakin kalau  Musda Pengda  KOSTI   Jabodetabek + Karawang  akan sukses diadakan di Bekasi karena keterbatasan tempat dan dukungan dari  pemerintah setempat. akhirnya kami  dan  rekan-rekan komunitas sepeda tua tridaya (CONTRY), Memberanikan diri dan yakin  akan berhasil karena kita  memiliki Tempat  yang  mempunyai  nilai jual  yang sangat besar yaitu Gedung Tua yg sangat bersejarah yaitu Gedung Juang 45  Bekasi.

Hasilnya sangat  di luar dugaan , yang sebelumnya diperkirakan sekitar 300 anggota sepeda tua/ onthel dari  Jabodetabek + Karawang  yang  akan datang ke Bekasi untuk menghadiri Musda, ternyata pada waktunya lebih dari 500  anggota yg  hadir,  sungguh diluar dugaan. 

Ontelis yang datang ke Gedung Juang 45

Ontelis yang datang ke Gedung Juang 45

  

 

Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) berpose di Gedung Juang 45

Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) berpose di Gedung Juang 45

Bahagia rasanya dapat mengadakan  acara  di Gedung Tua,  Karena saya yakin para pencinta sepeda tua atau yang popular nya biasa orang menyebutnya Onthel,  adalah orang-orang yang peduli akan keberadaan gedung-gedung yang memiliki nilai sejarah tinggi,    Karena apa,  Onthel sendiri  adalah alat  transportasi peninggalan jaman dulu yang memiliki nilai sejarah, walaupun benda itu didatangkan  ke Indonesia oleh  para penjajah pada saat itu.

Inilah yang membuat saya dan teman-teman pecinta ontel senang  menjadi bagian  dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), yang sangat mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, maupun pemerintahan, karena sepeda adalah alat transportasi yang bebas dari POLUSI, bebas  BBM, yang lebih  penting bisa mengurangi emisi gas buang yang sangat  MERUSAK LINGKUNGAN, disamping itu sepeda tua juga memiliki nilai seni budaya yang tinggi, yang memiliki nilai jual bagi Pariwisata di Indonesia.

Ketua Contry (Bpk Acep) sedang wawancara.

Ketua Contry (Bpk Acep) sedang wawancara.

 

Siapa lagi yang akan peduli  dengan sejarah dan aset peninggalan jaman dulu kalau bukan kita, Sebelum sepeda Tua musnah sebelum Gedung Tua rubuh, sebelum benda benda yang memiliki nilai sejarah   dijual keluar negeri  oleh orang-orang yang tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab, marilah dari sekarang kita ajak anak-anak kita , teman teman kita, masyarakat lingkungan kita dan Pemerintah dilingkungan kita untuk peduli  menjaga dan  melestarikan benda-benda bersejarah peninggalan nenek moyang kita. 

Masih ada keinginan dari teman-teman komunitas sepeda tua baik ditingkat pusat, maupun ditingkat wilayah untuk menjadikan sepeda bagian dari hidup kita, bagian dari transportasi kita, minimal 1(satu)hari dalam seminggu kita bersepeda untuk mengurangi emisi gas buang,  mengurangi polusi dari asap kendaraan bermotor, menghemat  BBM dan yang  pasti membuat  kita hidup lebih sehat..

Pengurus terpilih Hasil Musda Jabodetabek & Karawang

Pengurus terpilih Hasil Musda Jabodetabek & Karawang

Semoga dapat mengemban amanah dari pecinta sepeda tua indonesia,  Amin.

 

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Forum Ilmu. Tandai permalink.

14 Balasan ke ONTEL SAHABAT GEDUNG TUA

  1. Orang Bekasi berkata:

    salut ! & Jempolan buat rekan-2 Ontelis semuanya semoga acara tsb dapat menggugah pemda Bekasi untuk dapat melestarikan gedung juang 45 ini. terus dan terus lestarikan gedung-2 bersejarah di wilayah bekasi ini.

    Pesan untuk Komunitas Sepeda Tua Indonesia : kami siap membantu & mendorong pertemuan semacam ini.

    Salam.

  2. okidikarawang berkata:

    Sukses ya Pak Joko DKK,,,merdeka

  3. herman berkata:

    Salam Kenal Herman KOSTI KALSEL,
    sukses buat Contry sebagai tuan rumah Musda Jabodetabek+karawang, dengan gedung juang nya yang indah dan Selamat Buat Pengurus yang terpilih

  4. contry berkata:

    Terimakasih dukungannya kang Oki, salam tuk rekan-2 ontelis Karawang.
    jangan sungkan-2 untuk mampir di basecamp-nya contry, wedang jahe selalu menanti.

  5. Surachman berkata:

    Terima kasih semuanya

  6. onthelclassic berkata:

    Salut dan sukses untuk Panitanya. Rute ngonthelnya benar2 yahud. termasuk ketika lewat gang senggolnya. Benar-benar lain daripada yang lain. Sungguh menambah wawsan kami untuk meniru rangkaian acara tersebut. Salam dari COC

  7. okidikarawang berkata:

    Siap Pak Topix,,tugas kami laksanakan!!!!!!!!

  8. mr.yadi berkata:

    acara kemarin benar-benar sip, tahun depan disipakan lagi agar lebih akbar

  9. Supri berkata:

    Salam kenal SUPRI dari Raffles Hills,
    Fotonya bagus bgt,,,,, pasti kemarin acaranya seru bgt nih selamat dan sukses selalu buat ontelis semuanya……. MANTAP….
    Saya mau kasih informasi buat semua ontelis, diperumahan Raffelis Hills ada Event POLYGON & 3G Net FUN BIKE IN RUKO CITY WALK

  10. Supri berkata:

    wa duhhhhh kok belum selesai tulisnya dah salah pencet……
    kita sambung lagi…
    Dengan pendaftaran Rp. 35.000 Aja dah dapet T-Shirt, Perdana Flexsi ma 1 Ale-ale….
    Hadiahnya Sepeda Polygon, DVD, HP, Flexsi, Jam Dinding, Payung dan masihhhhhhhhhhhhhhhhhh banyakkkkkkkkkkkkk Lagi

  11. Doddy Fongers berkata:

    Salam Onthel ….
    Salam kenal. Saya dari Perkumpulan Sapedah Lawas Sumedang (PERSALAS)
    Jawa Barat.

  12. Doddy Fongers berkata:

    Salam Onthel….
    Salam kenal nih buat ONTHELIST di seluruh Indonesia. Saya dari Perkumpulan
    Sapedah Lawas Sumedang (PERSALAS) Jawa Barat

  13. Teqs taqo berkata:

    Salam kenal nmaku taqo goeboeg onthel from kbumen jateng…sy salut abis dg onthelis bekasi yg tlah menyelamatkan aset sejarah…bravo onthelis bekasi

  14. contry berkata:

    Benar sekali mas, siapa lagi yg akan menyelamatkan aset sejarah wilayah kita klo bukan kita sendiri mas, tks salam juga tuk rekan-2 Ontelis Kbumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s