Demang dan Marsose


Demang dan Marsose Lewat Tambun

Ontelis jaman baehula

Ontelis jaman baehula

Seperti melihat suasana sebelum kemerdekaan bangsa ini. Demang-demang Batavia dan Marsose (tentara belanda) naik sepeda menyusuri jalan buatan “Herman Willem Da-endels”,  Kesan itu yang ditampilkan diacara Temu Ontelis & pembentukan PENGDA Se-Jabodetabek & Karawang di Gedung juang 45 Tambun-Bekasi .

Dengan sepeda kuno dan atribut-nya mengayuh hobby melepas kepenatan rutinitas sehari-hari,  kegiatan ini merupakan rutinitas komunitas sepeda tua, soal pakaian yang digunakan Ontelis hanya ingin bernostalgia dengan era prakemerdekaan, ada yang berpakaian Panglima besar Soekarno, M Hatta, Demang-2, Marsose (tentara belanda), pakaian betawi & ada juga yang berpakaian noni-2 belanda.

Ontelis tidak membatasi usia para peserta, yang akan mengikuti kegiatan pawai sepeda tua untuk mengkampanyekan “Kembali Bersepeda” guna mengurangi polusi, pemanasan global & tentunya Sehat dengan bersepeda,  terlihat orang tua berusia lanjut masih ceria mengayuh sepedanya bahkan dengan centilnya mereka mendentingkan bel mekanik khas sepeda ontel “Ting nong-ting nong”  ketika melintas disekitar jalan raya tambun, siapapun berhak untuk menjadi anggota komunitas ini, karena komunitas ini dibentuk adalah untuk  menjalin persaudaraan bagi para pencinta sepeda tua/ Ontel.

Ontelis jaman kini menggunakan seragam masa perjuangan melawan belanda.

Ontelis jaman kini menggunakan seragam masa perjuangan melawan belanda.

Komunitas Contry terbentuk sejak dua tahun silam,  kini anggotanya sudah mencapai 80 orang selain bersepeda kegiatan rutin kami adalah bakti sosial, kegiatan contry ini mungkin akan bisa menginspirasikan masyarakat untuk kembali menggunakan sepeda sebagai alat “transportasi” .

Karena dengan bersepeda orang akan menyadari sehatnya menggunakan sepeda dan polusi udara akan semakin berkurang, sehinga komunitas sepeda tua minimal akan dapat menyelamatkan bumi dari “Global Warming”/ pemanasan global.

dscf00461

Marsose sedang keliling sekitar tambun.

Anda suka bersepeda tua mari bernostalgia & bergabung dengan : “Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI).

Tentang contry

Penggemar sepeda tua, udara yang bersih dan sehat akan memberikan kita hidup lebih bermakna.
Pos ini dipublikasikan di Forum Ilmu. Tandai permalink.

17 Balasan ke Demang dan Marsose

  1. okidikarawang berkata:

    yahut,,contry TOP,,kapan2 ngontel bareng atuh ke karawang,,brakt subuh plg siang aja,,,,hehehehe
    ayo atuh pak Acep dkk.

  2. contry berkata:

    Iya kang Oki terimakasih undangannya, nanti kita rundingkan sama rekan-2 contry kapan mo soan kesana.
    Terimakasih Salam.

  3. GOWES, LAGI DEH…?

  4. mr.yadi berkata:

    bagus deh tampilannya, kapan kumpul-kumpul lagi

  5. Top'ix Contry berkata:

    Ok kang Yadi, kamana wae atuh engkang ngak pernah muncul nih diPuri?

  6. mr yadi berkata:

    lagi mburu onthel, dapat gazelle dames seri 8, simplek laki seri 7, fongres PFG laki (yang pompanya ada dibawah batangan atas), ada gazelle seri 11 dan 9 punya kakak mau dijual. siapa mau beli?

  7. Ujang Karyadi berkata:

    Kamana euy kanggo nyalurkeun hobi spda onthel? sim kuring linggih di kalereun karawang tepatna di sampalan kutawaluya? sing saha jalma nu terang komunitas speda baheula di karawang informasikeun ka abdi nya… hatur nuhun pisan….

  8. etjky berkata:

    Mantabbbbbb

  9. catur berkata:

    Selamat Malam, Buat om&tante-2, yg cinta sepeda antik&kuno Original. silahken datang dan kunjungi atau KLIK kami di,

    http://classicantiq.multiply.com

    atau contack di 081 704 99911
    di Jamin puas&Pas dengan selera.

  10. catur berkata:

    BUAT TEMAN-TEMAN Ontelis..ADAKAH YANG MAU BELI SEPEDA SAYA??Obral lagi Gazelle Perempuan,SERI 9. kondisi cat ori,stang ori, gir dpan blakang ori, gagang pedal ori, sadel brooks, boncengan hopmi, velk belakang 36 lawas, velk depan dunlop, lampu dan dinamo bosch, lampu belakang ori (agak retak), tromol gazelle modifikasi seri 11/10, as tengah ori, logo ori, mur kuningan… hubungi 08882811503.. murah aja 6.000.000 udah ongkir p.jawa…. SERIUS TELPON??
    gambar bisa dilihat di http://www.humberfe.blogspot.com

  11. dian fajri berkata:

    sungguh menangis suatu bagsa melihat warganya menjadi anjing belanda( marsose), yang mau membunuh saudaranya sendiri tapi seiring dengan berakhirnya kekuasaan kolonial di negeri ini berbanding terbalik dengan sifat marsoseisasi. tapi harapan kami cuma satu yaitu kalau seandainya sifat itu masih ada ( membunuh bangsa sendiri ) itu tanggung kapan perlu ibu bapak kita dibunuh juga dengan memakai sistem marsose itu baru adil

  12. heri agusti berkata:

    lupakanlah jati diri marsose dan ki demang. yang penting kita hanya menunjukan fakta sejarah : ini lho cara penampilan beliau beliau dan yang perlu digaris bawahi bahwa mereka memakai kendaraan sepeda ontel yang saat ini masih banyak dipakai oleh kita kita ini. setuju ?

  13. contry berkata:

    @Heri….. Itu adalah bagian dari sejarah bangsa kita yang kelam dan itu tidak perlu terjadi lagi. mudah-2an ini menjadikan kita lebih banyak bersyukur menjadi bangsa yang merdeka. Salam

  14. heri agusti berkata:

    oh ya om contry, maksudnya “kejadian” sejarah tsb memang tidak perlu terulang kembali. tetapi fakta sejarah disini yang akan kita ungkapkan ( terutama cara berpakaian dan sebagian alat transformasi yg digunakan pada saat itu) kepada generasi yang belum tahu sejarah.
    nuwun sewu

  15. heri_agusti berkata:

    @contry…disini saya hanya pingin mengingatkan dan memberi tahu pada generasi “sekarang” bahwa cara berpakaian dan salah satu alat transportasi pada “jaman itu” adalah yang bisa dilihat pada para ontelis yg mereka bisa lihat pada saat ini.semoga mereka yg belum tahu dan belum ngerti sejarah jadi : lebih mengerti gitu lho. nuwun sewu. salam buat contry, dari defoc.

  16. Dean berkata:

    Yo mari Kita Bersepeda……….

  17. Arya Arnita berkata:

    @contry……disini saya cuma mengingat sesama ontelis,jagalah satu kesatuan bangsa jangan sampai kita diperbudak lagi cukup sekali aja jangan sampai terulanglagi,gayuhlah ontel sejauh hari
    jangan lupa anak dan istri.Salam ontel semuanya.Arya Arnita.BALI.
    HP.08123807806.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s